Labels

Selain Masa Jabatan 9 Tahun, Kepala Desa Juga Dapat Tambahan Tunjangan

REDAKSI
Senin, 25 Maret 2024
Last Updated 2024-03-25T13:05:29Z




HABA GAMPONG - Masa jabatan Kepala desa nantinya dapat mencapai 8 tahun dan juga akan mendapatakan tambahan tunjangan.


hal tersebut berdasarkan hasil kesepakatan Badan Legislasi (Baleg) DPR dan Menteri Dalam Negeri tentang  aturan masa jabatan kepala desa dalam pembahasan tingkat I revisi Undang-Undang (UU) tentang Desa.


Masa jabatan kepala desa nantinya dapat mencapai 8 tahun dan maksimal 2 periode secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut. Dengan demikian, ketentuan Pasal 39 UU Desa Nomor 6 Tahun 2014 ini berkurang dari kesepakatan rapat pleno pengambilan keputusan di Baleg pada Juli 2023 lalu, yang mengusulkan supaya masa jabatan kepala desa menjadi 9 tahun, paling banyak dua kali masa jabatan secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut.


Dengan kebijakan masa jabatan 8 tahun, berapa gaji kades di Indonesia?


Besaran gaji kades diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.


Adapun, pada pasal 81 Ayat (2)a peraturan itu, kepala desa paling sedikit menerima gaji Rp 2,4 juta atau 120% dari gaji pokok PNS Golongan II/A. Selain itu, penghasilan tetap yang diterima kepala desa serta perangkat desa ini berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja (APBD) Desa yang bersumber dari Alokasi Dana Desa.


Lebih lanjut, sekretaris desa menerima gaji paling sedikit yang diterimanya sebesar Rp 2,2 juta atau setara 110% dari gaji pokok Pegawai Negeri Sipil golongan II/a. Terakhir, besaran perangkat desa lainnya paling sedikit Rp 2 juta atau serata dengan 100% dari gaji pokok golongan II/A.


Belanja Desa yang ditetapkan dalam APBDesa juga bisa digunakan paling banyak 30% dari jumlah anggaran belanja desa untuk mendanai penghasilan tetap dan tunjangan Kepala Desa, Sekretaris Desa, dan Perangkat Desa lainnya.


Sebagai catatan, kepala desa juga mendapatkan tunjangan yang diambil dari pengelolaan tanah desa.


Tunjangan dari tanah pengelolaan desa ini diatur dalam PP Nomor 11 tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, pasal 100. Besarannya paling sedikit 70% untuk belanja desa dan 30% untuk gaji hingga tunjangan pemerintah desa.


Lewat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 146 tahun 2023 tentang Pengalokasian Dana Desa Setiap Desa, Penyaluran, dan Penggunaan Dana Desa tahun Anggaran 2024, anggaran sudah dialokasikan sebesar Rp69 triliun kepada 75.259 penerima desa. Dana yang diberikan pun berbeda-beda, tergantung jumlah penduduk pada desa penerima dana.

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Video Terpopuler